Senin, 11 April 2011

Tips Mencari Kos-kosan or Kontrakan Yang Oke!!!

Setelah di artikel sebelumnya kita udah membedah daerah kos-kosan di kampus STAN,, Nah..sekarang kami membagi tips-tips mencari kos-kosan yang PeWe, enak, dan nyaman. Semua ini berupa pengalaman penulis selama merantau jauh dari rumah. Huhuuww.. Semoga Bermanfaat!!!

Tipe Rumah Kos
Buat kami, rumah adalah surgaku. Jadi, pilih tipe rumah dan kamar yang kamu banged deh!! Pilih tempat yang nyaman, enak dan pastinya disesuaikan dengan budget juga. Suasana yang nyaman akan bikin kamu kerasan tinggal di kos dan bikin semangat belajar [atau sebaliknya, saking nyamannya jadi molor terus..hihii.. pengalaman pribadi.. ;p].

Kos yang baik seharusnya nggak terlalu bising, jadi pilih yang agak jauh dari jalan raya. Pilih kos yang penghuninya nggak terlalu banyak. Ntar waktu ujian banyak setan penggoda lagi,,hahaa.. Yang ga kalah penting,,lihat kamar mandinya. >.< Dicek, apakah layak tidak, jumlah kamar mandi disesuaikan dg kamar [takutnya antri mandi..] dan yang ga kalah penting KUALITAS AIRnya!!!

Pertimbangkan juga:
Fasilitas Rumah [ex: tivi, kulkas, dapur bersama];
Biaya sewa kos-kosan [tanyakan pula biaya listrik perbulannya, kalo ada];
Fasilitas sekitar rumah [warung makan, masjid, fotokopian, took/swalayan. Internet, etc]

Teman satu kost    
Wah ini juga penting,gan!! Gimanapun, temen kos nantinya akan menjadi keluarga terdekat kita. Saling berbagi satu sama lain. Jadi, carilah teman kos yang asik dan klop. Juga, cari teman kos yang baik, sholeh dan berakhlak ya. Hehee.. biar bisa saling amar ma’ruf nahi munkar =) Saling menyemangati dalam kebaikan.

Plus,,gak ada salahnya cari temen kos yang satu spesialisasi/jurusan, baik seangkatan maupun kakak kelas. Banyak manfaatnya loh! Bisa belajar bareng, tukar informasi dan materi kuliah, saling menyemangati, diskusi bareng, dll.

Oya,,bisa juga sekamar dihuni dua orang. Hal ini patut dipertimbangkan juga, terutama buat teman-teman yang perlu berkompromi dengan biaya. Kan lumayan banget tuh, bisa menghemat biaya kos-kosan. ^.^

Jarak dari Kampus           
Pertimbangkan juga jarak kos ke kampus. Kalo kamu tipe orang yang suka jalan kaki or udah punya motor, its okay buat tinggal di kos yang agak jauh dari kampus. Tapi kalo kamu tipe orang yang suka bangun kesiangan, males jalan, gampang capek, maka pertimbangkan untuk mencari kos seputar kampus.Daripada kamu ntar terburu-buru karena kesiangan, atau telat karena jalan menuju kampus memakan waktu yang lama, ujung-ujungnya bakal mengganggu konsentrasi di ruang kuliah nanti.
Efek positif dari kos yang dekat kampus, buat para aktivis kampus n suka ikut kegiatan kampus, memudahkan untuk mobile ke kampus. Ada acara apaa githu,langsung deh..wess wes weesss udah sampe. ^.^

Segitu dulu deh tips dan sharingnya. Monggo jika ada yang menambahi… =)

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...