Tes Bahasa Inggris yang ada (baik tes USM D-III maupun D-IV
STAN, atau TOEFL pun untuk structure and
written expressions atau error
recognition sebenarnya polanya gitu-gitu
saja dalam arti tentu tak ada grammar
yang berubah, hanya variasi soal saja (dan tingkat kesulitan/jebakan tentunya). Namun, tentu saja ada beberapa tips yang
bisa dibagi agar tak hanya tepat mengerjakan tetapi juga cepat (target satu soal bahasa Inggris untuk structure and written expressions atau error recognition dapat dikerjakan dalam waktu sepuluh-lima belas detik per soal, untuk bacaan /reading comprehension memang kadang
dibutuhkan waktu yang lebih lama).
Here we go :
1.
Yang pertama tentu saja, pelajari kembali
dasar-dasar grammar, untuk
mengingat-ngingat kembali jika ada tata bahasa Inggris yang terlupa. Buku
Longman cukup sederhana dan mudah dipahami. Ambil intinya saja :D. Atau shortcut yang lebih cepat lagi, identifikasi jenis tata bahasa yang sering keluar, cari materinya. Baiknya sih yang pertama hehe.
2.
Secara umum, dalam mengerjakan soal Bahasa
Inggris, sebisa mungkin tidak perlu
membaca soal secara menyeluruh. Mengapa
buang-buang waktu mengerjakan yang berharga dengan membaca keseluruhan soal jika
dengan satu, dua, tiga kata langsung bisa tahu jawaban. Tak percaya?
Contohnya :
1) After ...... the South Pole, Amundsen spent three days in taking measurement of the
vicinity.
a. reached c.
reaches
b. reaching d. reach
Waktu mengerjakan : di bawah 10 detik
Tips :
a.
Mengerjakan soal ini hanya perlu membaca kata after, Amundsen dan opsi jawaban
(bentuknya verba semua, lihat sekilas saja opsi jawaban), tak perlu baca
kata-kata lainnya (hemat waktu, ingat tiap detik berharga saat mengerjakan)
b.
After = preposisi, setelah preposisi opsi
jawaban bentuk verba semua. Verba setelah preposisi selalu dalam bentuk gerund
(V-Ing) atau dikenal dengan gerund as
object of preposition, apalagi Amundsen merupakan orang/subjek suatu
pekerjaan. Sehingga jawaban yang tepat adalah reaching.
2) .... to the earth, a massive tidal wave will
occur.
a. if the moon were too close c. If the moon will too close
b. if the moon was too close d. If the moon is too close
Waktu mengerjakan : di bawah 10 detik
Tips
:
a.
Jika ada titik-titik di bawah kalimat, langsung
lihat opsi jawaban untuk mengira-ngira ini soal bentuknya apa, oh ternyata if clause
b.
Kemudian setelah tahu soal tentang if clause, tak perlu membaca seluruh
soal. Cukup cari anak kalimat kedua will
dalam bentuk apa (will, would atau would have). Jadi dalam soal di atas cukup membaca sekilas opsi
jawaban (if semua), dan will (occur) saja.
c.
If clause> > will >> langsung ingat
bentuk kalimat setelah if pasti dalam bentuk present tense. Langsung lingkari jawaban (d)
Hint
:
If
clause/conditional tense (pengandaian) ada tiga tipe : type 1, type 2, type
3.
Type
1 >> showing probability >> If + (present tense sentence), S + will + Vo
Type
2 >> showing something unreal
in the present >> If + (past
tense sentence/ tidak nyata di masa sekarang, bentuk tense mundur dari present
ke past), S + would +Vo.
Ingat to be yang digunakan setelah if selalu were, apapun subjeknya.
Contoh : If I were the president of Indonesia, Indonesia would be
rich
Type
3 >> showing something unreal
in the past >> If + (past
perfect sentence/tidak nyata di masa yang lampau, bentuk tense mundur dari past ke past perfect), S+
would have + V3
3) .....
establish a great new religion, but his revoit against Hindu deeply influenced
Hinduism itself.
a. Buddha only did not c. Not only did Buddha
b. Only Budha did not d. Not only Buddha did
Waktu mengerjakan : di bawah 10 detik
Tips
:
a.
Jika ada titik-titik di awal kalimat, baca
sekilas opsi jawaban terlebih dahulu
b.
Jika ada negative expression (seperti no, not, never, hardly, barely, only, etc) pada awal kalimat, maka subjek dan verba posisinya dibalik (inverted)
c.
Cukup baca sekilas opsi jawaban >> baca pada semua opsi ada kata only >> dapat dipastikan jawaban
yang tepat adalah yang dalam bentuk inverted atau opsi jawaban (c) not only did Buddha
Hint
:
Bentuk klausa awalnya Buddha did not only establish a great new
religion, tetapi kemudian di-invert
menjadi Not only did Buddha establish a
great new religion, bentuk inverted
clause menjadi seperti pertanyaan >> (not only, as negative expression) + did (as helping verb) + Buddha (S) + Vo + Object
3.
Dalam structure
and written expression sebenarnya polanya berulang atau itu-itu saja. Maka
hendaknya mempelajari pola-pola yang sering muncul dalam soal seperti :
a.
Gerund
Ingat
gerund (bentuk V-ing yang bertindak
sebagai noun/noun clause) memiliki beberapa fungsi seperti :
1)
Gerund as
object of preposition,
Example
: After going to the library, she went to restaurant (bukan went, meski dalam kalimat bentuk past tense)
2)
Gerund as
subject
Example
: Swimming is my hobby (swimming
merupakan subjek kalimat ini, ingat jika
ada kata kerja mengawali kalimat maka bentuknya adalah gerund)
3)
Gerund as
object
Example
: I love swimming (swimming sebagai
objek, ingat tidak boleh ada dua kata
kerja dalam bentuk dasar berjajar bersama-sama tanpa ada pemisah (misal
love dan swim dalam contoh kalimat), salah satunya harus dalam bentuk gerund)
Etc,
silahkan dicari seluruh fungsinya ^^
b.
If clauses/conditional tense, seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya
c.
Penggunaan kata yang diikuti oleh to-inf atau gerund
Misal
: want + to, decide+to, mind+ v-ing, look forward to + v-ing, avoid + v-ing,
etc
d.
Penggunaan tense
yang tepat , biasanya melalui kombinasi tense
seperti future perfect tense, future continous tense, etc.
Tips
: perhatikan kata keterangan waktu, jika ada kata keterangan waktu now biasanya ada bentuk continous
(sedang/v-ing), perfect tense biasanya ada kata keterangan waktu
since/for
e.
Kalimat preferensi, seperti prefer + v-ing/
noun/noun clause, to+v-ing/noun/noun clause atau rather+V1, than
Example
:
People
prefer spending the first day of id
at their house to .... public fasilities
a.
visiting c.
visits
b.
visit d. visited
Jawaban : visiting, ingat prefer+
v-ing/ noun/noun clause. Jika memegang dasar ini, tak ada sepuluh detik
untuk menjawab ^^
f.
Parallelism (menunjukkan pola/bentuk yang sama)
Example
: I love reading, writing and swimming(bentuk gerund semua, tak boleh ada yang to-inf)
g.
Penggunaan must have, should have, could have,
might have
Baik
must have, should have, could have, would have harus diikuti V3.
Ketiganya
memiliki arti yang berbeda (dilihat dalam konteks kalimat):
1)
Should have + V3: menyarankan bagaimana
seharusnya seseorang bertindak di masa lalu,
Example
: Your score is bad. You should have studied hard before exam.
2)
Must have + V3 : menunjukkan tingkat
kepastian/keyakinan akan suatu kejadian di masa lalu.
Example
: He didn’t come to class yesterday. He must have been sick.
Etc
h.
Penggunaan other, the other, another, others,
etc.
Another
+ singular noun, other + plural noun. Penggunaan article ‘the’ sesuai konteks penggunaan article.
i.
Penggunaan reduced
adjective clause, jeli terhadap manakah yang merupakan kata kerja sebenarnya dalam kalimat.
Example
:
1)
The man standing in front of the door is my
uncle. (kalimat awal : the man who is standing/stands in front of the
door is my uncle. Kata kerja kalimat tersebut adalah to be is, bukan standing)
2)
The people ... to
the benefit of mankind will be awarded with
Nobel Prize
a.
contribute c.
contributed
b.
contributing d.
to contribute
Waktu mengerjakan : di bawah 10 detik
Tips :
Curigalah dengan bentuk kata kerja
setelah subjek. Dalam soal di atas, cukup membaca subjek, opsi jawaban sekilas
(untuk meraba bentuknya, dalam hal ini kata kerja semua) dan will be. Tentukan mana subjek dan kata
kerja kalimat. Kata kerja dalam kalimat adalah will (be) sehingga bentuk contribute
harus dalam bentuk v-ing (aktif,
bertindak sebagai kata sifat menerangkan the
people)
j.
Penggunaan who,
whom, that, which, whose
Tips
:
1)
who menerangkan subjek yang merupakan orang, whom menerangkan objek yang berupa orang
tips : lihat opsi jawaban (misal who/whom), jika setelah titik-titik adalah kata kerja maka menggunakan who, jika setelah titik-titik adalah orang maka menggunakan whom
tips : lihat opsi jawaban (misal who/whom), jika setelah titik-titik adalah kata kerja maka menggunakan who, jika setelah titik-titik adalah orang maka menggunakan whom
2)
that
bisa digunakan untuk menerangkan subjek orang atau benda
3)
who selalu diikuti oleh Verb
4)
whom selalu diikuti oleh orang
5)
whose diikuti oleh benda
k.
Subject
verb agreement
Intinya subjek dan kata kerja pola harus sama, dalam arti misal subjek berbentuk they, kata kerja haruslah dalam bentuk yang menunjukkan pronoun tersebut. Jenis subject verb agreement ini banyak (terlalu panjang jika ditulis di mari semua), silahkan dicari sendiri yak ^^
Contohnya :
1) Everyone is happy now (everyone sebagai subject, to be is merujuk kesesuaian dengan everyone)
2) Neither the student nor the teacher comes. (comes merujuk pada subjek yang paling dekat dengannya/the teacher)
Intinya subjek dan kata kerja pola harus sama, dalam arti misal subjek berbentuk they, kata kerja haruslah dalam bentuk yang menunjukkan pronoun tersebut. Jenis subject verb agreement ini banyak (terlalu panjang jika ditulis di mari semua), silahkan dicari sendiri yak ^^
Contohnya :
1) Everyone is happy now (everyone sebagai subject, to be is merujuk kesesuaian dengan everyone)
2) Neither the student nor the teacher comes. (comes merujuk pada subjek yang paling dekat dengannya/the teacher)
l.
Penggunaan adjective
dan adverb
Adjective
>> menerangkan noun
Adverb
>> menerangkan verb atau adjective, jika menerangkan kata kerja letaknya
setelah kata kerja, contoh : she danced Kecak beautifully, tetapi jika
menerangkan kata kerja pasif, adverb (of
manner) berada di antara to be
dan kata kerja pasif, contoh : Kecak is beautifully danced (by her) >>
biasanya pengecoh pada error recognition
m.
Penggunaan preposisi
yang tepat, kalau ini memang harus tahu makna
n.
Penggunaan appositive
>> menerangkan orang di depannya, kedudukan setara dengan yang
diterangkan
Example
: ...., Winston Churchill was regarded as the greatest leader of the 20th
century.
a.
He is a british former prime minister
b.
That Britih former prime minister
c.
It was a British former prime minister
d.
A British former prime minister
Jawaban : Identifikasi kalimat apakah
sudah sempurna unsurnya (minimal ada subjek dan kata kerja). Jika sudah berarti
titik-titik di awal kalimat subjek yang sudah diterangkan noun sesudahnya (Winston Churcill sebagai appositive) sehingga jawaban yang tepat adalah (d) A British former
prime minister).
o.
Penggunaan neither.. nor; either.. or; not only.. but also; so... that; both... and
p. Subjunctive
Digunakan untuk menunjukkan urgency/importance. Terdapat expressions atau verba yang diikuti dengan subjunctive. Contoh : It is important that...., it was important that...., it is essential that.. it was essential that...
to advise (that)
to ask (that)
to command (that)
to demand (that)
Example :
It is crucial that you be on time for the meeting
p. Subjunctive
Digunakan untuk menunjukkan urgency/importance. Terdapat expressions atau verba yang diikuti dengan subjunctive. Contoh : It is important that...., it was important that...., it is essential that.. it was essential that...
to advise (that)
to ask (that)
to command (that)
to demand (that)
Example :
It is crucial that you be on time for the meeting
It is important that she work harder
I requested Fifi join our trip
Lala insisted that Dita not be at the meeting
Tips : perhatikan bahwa kata kerjan dalam subjunctive selalu dalam bentuk kata kerja dasar, apapun bentuk tense dan subjeknya (apakah orang pertama/kedua/ketiga).
q.
Penggunaan conjuctor
(kata hubung) yang tepat
Misal
: but, although, because etc.
Tips
: because diikuti oleh kalimat, because of diikuti oleh noun/noun clause
Etc
4.
Dalam structure
and written expression, jangan jiper dengan panjangnya kalimat. Cukup
identifikasi subjek, kata kerja dan objek. Selebihnya hanyalah keterangan
menerangkan. Tidak perlu membaca keseluruhan soal.
5.
Untuk mengerjakan error recognition, menurut saya lebih mudah daripada mengerjakan structure and written expression karena
mencari-cari mana yang salah lebih mudah dari mencari mana yang benar bukan,
kita tak perlu tahu apa jawaban benar walau tahu itu salah hehe. Tips pertama
dalam mengerjakan error recognition
adalah baca sekilas opsi jawaban, lihat kata sebelum dan sesudah opsi jawaban.
Terkadang kita bisa langsung tahu jawaban. Selanjutnya pegang apa yang tidak
digarisbawahi sebagai pedoman.
Example
:
1)
At 1845, James Pork invoked the
doctrine against British threats in California and Oregon
A B C D
Waktu
mengerjakan : tiga detik
Tips
: Membaca opsi jawaban A dan kata sesudahnya, A pastilah opsi jawaban yang
salah karena tahun menggunakan preposisi in,
jadi ya langsung lingkari A saja tak perlu membaca yang lain-lain :D
2)
Some puppetry is very simple in technique, while some is remarkable
complicated
A B
C D
Tips
: Cukup membaca sekilas, jawaban d jelas salah karena complicated merupakan adjective
yang diterangkan oleh adverb
bukan oleh adjective (adjective tidak menerangkan adjective) sehingga seharusnya remarkably
6.
Jebakan yang biasa ada pada error recognition :
a.
Parallelism
Example
:
1)
Wolves are known for their keen intelligent,
skilled hunting dan highly organized social structure
Tips
: Dalam kalimat, diperlukan kata benda yang paralel, social structure (tidak digarisbawah) adalah noun, hunting sudah tepat, nah intelligent
pasti opsi jawaban yang salah karena bukan bentuk kata benda (akhiran –ent
menunjukkan kata sifat) sehingga jawaban yang tepat adalah intelligence (-ence menunjukkan kata benda). Atau sebenarnya
membaca opsi jawaban intelligent sudah
pasti itu opsi yang salah karena keen adalah kata sifat yang pasti mendahului
bentuk kata benda.
2)
The factory workers were ready, able and
quite determine to do a great job
Tips : dalam kalimat dibutuhkan
bentuk paralel dari kata sifat. Determine
merupakan kata kerja, kata sifatnya seharusnya determined.
b.
Penggunaan if
clause
Example
: Were an artist to retain copyright, the collector would have
violated the artist’s rights by making his copies.
Tips
: bentuk asli kalimat were an artist
adalah dari if an artist were (conditional tense type 2), langsung
ingat polanya if + (past sentence),
s+would+Vo, jadi opsi jawaban yang salah adalah would have violated seharusnya would
violate.
c.
Subject
Verb Agreement
Example
: Last night, the neighborhood was surprised by the attack of armed
gunman while they were sleeping.
Tips
: perhatikan kata they tidak
digarisbawahi, artinya subjek dalam bentuk jamak. Was surprised merupakan opsi jawaban yang salah karena menunjukkan
kata kerja untuk orang tunggal.
d.
Penggunaan bentuk verb/adjective
Example
: Throughout history, people have considered bats to be
dangerous and frighten creatures of the night.
Tips
: frighten seharusnya bukan dalam
bentuk kata kerja tetapi kata sifat menerangkan bats sehingga jawaban yang tepat adalah frightening.
Etc
7.
Untuk soal bacaan (reading comprehension), sebisa mungkin tak perlu membaca
keseluruhan bacaan. Akan menghabiskan waktu. Tembak langsung soal :
1)
Dari opsi pilihan a, b, c, d langsung cari
jawaban di bacaan. Misal pertanyaan akan seputar “pernyataan yang sesuai dengan
bacaan, pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan, yang dimaksud X pada baris
ke Y”. Lihat soal, langsung cari jawaban di bacaan.
2)
Jika perlu, baca
sekilas bacaan temukan kalimat utama di tiap paragraf (ingat kalimat utama
saja). Saat pelatihan speed reading diajarkan
bahwa teknik speed reading salah
satunya dengan :
“Letakkan telunjuk di tengah-tengah paragraf. Lalu
biarkan bola mata Anda menemukan inti kalimat dari suatu paragraf. Dengan
meletakkan telunjuk di tengah paragraf, jangkauan pandang mata akan lebih luas
sehingga lebih cepat memahami bacaan”. Try this.
3)
Lewati pertanyaan “what is the best title for the passage?” akan menghabiskan banyak
waktu. Lebih baik kerjakan beberapa soal lain daripada membaca seluruh bacaan.
Kecuali waktu sudah longgar :D
8.
Tips mengingat tata Bahasa Inggris : kebetulan
saya tak suka menghafal rumus, cepat lupa selain itu membosankan. Jadi saya
pasti membuat contoh kalimat yang menarik/menggambarkan saya banget sesuai
dengan pelajaran bahasa Inggris saat itu. Sampai sekarang insya Allah, contoh
kalimat yang dibuat dari SMP/SMA masih teringat terus :D
Sekian tips mengerjakan tes
Bahasa Inggris. Sedikit banyak semoga bermanfaat. Silahkan jika ada yang ingin
menambahi atau mengoreksi di kolom komentar ya :D
Ini merupakan tulisan dari teman D4, Monica Yolando, dengan sumber di : monilando.blogspot.com/2013/10/tips-mengerjakan-tes-bahasa-inggris.html
Semoga bermanfaat yah. Saya juga kemarin mau menulis, tapi apa mau dikata, sibuk ngurus anak dan suami.. ^^, Semoga tahun ini suami juga bisa lulus seleksinya, bisa menjadi mahasiswa D4 Stan, amin.. :D
Semoga bermanfaat yah. Saya juga kemarin mau menulis, tapi apa mau dikata, sibuk ngurus anak dan suami.. ^^, Semoga tahun ini suami juga bisa lulus seleksinya, bisa menjadi mahasiswa D4 Stan, amin.. :D
0 comments:
Posting Komentar