Kamis, 13 Mei 2010

DAMN!?! Saya Divonis Terkena HERPES!?!


Ya,,saya terkejut. Betapa tidak?? Saya divonis terkena HERPES!?! How could be??
Begini ceritanya...  Setelah pelantikan STAPALA [hurray..] dan kembali lagi ke kampus. Saya langsung ke dokter. Karena ada beberapa keluhan,,dan baru sempet ke dokter hari itu.
A : *bercerita tentang keluhan dan sakit, sambil nunjukin bebepara benjolan di atas perut* Dokter : *manggut2 ajah..*
A : Jadi, saya sakit apa ini dok?
Dokter : Ohh,,mbak terkena sakit herpes… [ngomong dengan tenangnya..]
A : Hah??? Herpes?? [kaget dan panik]
Saya gak pernah ngapa-ngapain, Dok..!!  >_<

Ya,,ya.. Waktu itu, saya masih tingkat tiga STAN.
Kejadiannya saat saya sedang jadi siswa, saat pelantikan STAPALA baru. Tempat pelantikan di ex-camp Mandalawangi. Memakan waktu lima hari. Dengan musim hujan, kena badai pula, cuma diperbolehkan memakai satu baju. Baju siswa. ‘Baju onye-onye’, biasa aNa sebut [karena warnanya oranye] Nahh,, dari situlah kisah ini bermula.

Pada hari kedua, tiba-tiba ada dua benjolan di dekat perut saya. Nah loh,,apaan ini..>_<
Benjolannya seperti balon berwarna bening berisi cairan. Rasanya sakit gimanaaa githu. Karena hampir seharian membawa tas carier, dan benjolan tersebut tergencet tas, maka pecahlah. Keluarlah cairannya. Pikir aNa, tak masalah, toh malahan, lebih cepat sembuh. Ternyataa..justru makin perih dan sakit. Alhasil, untuk mengurangi sakitnya, [kerasa mpe payudara dan perut je..] saia membawa carier pake perut [mabok!!].
Herpes!! Itu kan penyakit kelamin.. Lha masa saya kena penyakit itu??
Ternyata pak dokter itu mengerti kegelisahan saya. Heheeww..  

Ternyata begini nih,,sesuatu yang perlu kita ketahui tentang herpes!! Biar ga shock kaya saya, jika sahabat suatu saat mengalaminya.. Hahaa..
Herpes itu ternyata, ialah virus cacar air yang teraktivasi lagi, hingga menjadi penyakit baru: Herpes zoster. Pemicunya dapat karena daya tahan tubuh (antibodi) lemah, kecapekan dan kurang asupan gizi makanan. Plus,,kesehatan dan kebersihan yang kurang! [dalam kasus saya, karena memakai baju yang bau, kotor selama 5 hari, plus daya tahan tubuh yang drop]

Gejalanya antara lain,, demam, pegal, nyeri tulang dan otot, dan ada bintik dengan gelembung berisi cairan. Jika pecah, beuhh,,rasanya bukan gatal melainkan pedihh… Jika cacar air gelembung berupa titik titik hitam, untuk herpes ini (bukan herpes penyakit kelamin ya…) berwarna bening.
Nah,,buat yang terkena herpes. JANGAN TAKUT. Karena, ternyata herpes itu banyak macamnya, dan ‘hidup’ di beberapa anggota badan. Ini nih macamnya… 
  HZ Servikalis : serang pundak dan lengan
  HZ oftalmika : menyerang pundak dan lengan 
  HZ lumbalis : menyerang dada dan perut (saya kena bagian ini) 
  HZ sakralis : menyerang sekitar anus dan kelamin

Resep sembuhnya,,sederhana.. ;D 
Setelah Tanya beberapa teman yang juga kena penyakit yang sama,,ternyata obat yang kami pakai sama. ^^, 
Resepnya: Istirahat, bedrest, asupan gizi bagus, asiklovir (sehari 4-5x), bedak salycil. Jika ada infeksi sekunder, berikan kloramfenikol 2%. Pasti manjur dahh…

Sekian bagi-bagi ilmu dari saya. Kapan-kapan sambung lagi..heheww…

>> baca juga : dispepsia

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...