Jumat, 19 Maret 2010

_disPepsia_

banyak yang mungkin kurang kenal dengan nama ini. kadang pengetian ini rancu, yang sering diartikan sebagai nama lain sakit maag. well,,apa sih sebenarnya dispepsia itu?

Dispepsia ialah Gangguan perut sebelah atas dan tengah dan ada yang disertai kembung, nyeri, mual, perut keras bahkan muntah. Istilah awam yang kadang kita ngerti: MAAG (nyeri lambung). Note: Maag tu dyspepsia, tapi dyspepsia belum tentu maag..

NOTE: Waspadai kalo waktu tiduran, kita pencet perut sebelah kanan bawah, ada nyeri hebat,, (Lebayy…) ada kemungkinan usus buntu..Segera cek ke dokter. Jika sudah akut, nanti bias mengarah ke kematian (aNa nyaris hampir seperti itu… T.T)

Sakit ini, nyeri ini, bias timbul karena terlambat makan atau bahkan setelah makan,, -jadi ga semua orang kena maag terlambat makan, kadang ada yang krasa maag setelah makan, atau kekenyangan saat makan-

Lambung --> ada HCl (sbg disinfektan kuman dr makanan yg masuk lambung) --> kadar HCL tinggi --> Dispepsia --> ga segera ditangani --> epigastritis (peradangan lambung) --> ada bakteriHeliobacter Pylori --> ulkus lambung berdarah dan busuk --> kanker lambung

^^, bukannya mau nakutin,, but however,,penyakit ga segera ditangani dapat terjadi komplikasi dan penyakit lebih parah…

Penanganannya gimana dunk...?? here it ara some of them..

- Diberi antasida, untuk netralkan HCL seperti Promag, Mylanta, Antacid, Renie
- Diberi penghambat produksi HCl, seperti ranitidine, cimetidin, famotidin,
- Diberi sel pelapis lambung, seperti sulcrafat (biasanya buat yang lambungnya sudah sensitive. Efek samping obat ini: konstipasi dalam pemakaian berkepanjangan
- Diberi pain killer analgetik, seperti paracetamol, JANGAN diberi obat bersifat ASAM, seperti ibuprofen, Proris, aspirin, asam mefenamat.
- NOTE: Obat maag tuw DiKUNYAH,,sebelum makan or satu jam setelah perut kosong, menjelang tidur.. (pokoknya ketika perut ga githu bekerja)

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...