Rabu, 11 Agustus 2010

Mau Donor Darah?? Gak Segampang itu.. ^^,


Pasti temen-temen,,juga pernah mendengar bahkan melakukan donor darah bukan? Sejak saya di kampus, saya sudah mengajukan diri, menyumbangkan setetes darah kepada PMI. Hasilnya?? 8 kali saya ‘zakat’ darah untuk dihisap jarum gede tersebut,, 5 kali saya ditolak!?!
What a ***.. hehe.. Niat baik saya belum dikabulkan ternyata.

Setelah banyak pengalaman di PMI, KSR, dan ngobrol dengan banyak dokter,,
Ternyata ini nih..syarat biar bisa jadi pendonor darah..:

·      Umur antara 17-60 tahun
·      Berat badan minimal 45 kg [pernah saya ditolak karena kurang berat badan.. risiko punya tubuh langsing.. ;p]
·      Tekanan darahnya sistole: 110-160mmHg, diastole: 70-100mmHg [saya juga pernah ditolak karena ini..>_<]
Saran: 1 hari sebelum donor, minum Sang*bion atau penambah darah, tidur yang cukup, gak begadang, paginya makan telor..hehee..]
·      Hemoglobin: cewek min 12gr%; cowok min 12,5gr%
·      Jumlah penyumbang per tahun paling banyak 5 kali.. ^^,
Trus,,masa jedanya minimal 3 bulan lah..
Karena selama masa itu, terjadi pembentukan darah kembali di tubuh..recovery lah istilahnya..

Kita benar-benar ditolak untuk jadi pendonor,,kalau..:
·      Pernah kena Hepatitis B dalam 6 bulan terakhir
·      Pernah transfusi darah dalam 6 bulan terakhir..
·      Pernah ditato or ditindik dalam 6 bulan terakhir
·      Operasi gigi dalam 72 jam terakhir, 6 bulan sesudah operasi kecil, dan 12 bulan sesudah operasi besar [saya pernah kena disini,,akhirnya setahun vakum ga mencoba mendonor..>_<]
·      Sehari setelah vaksin polio, flu, kolera, tetanus
·      Dalam waktu setahun terakhir dari imunisasi rabies therapeutic
·      Dalam waktu seminggu setelah alrgi hilang >_<
·      Setahun setelah transplantasi kulit
·      Sedang hamil ^^, dan 6 bulan setelah melahirkan.. =) plus waktu menyusui
·      Ngedrugs n mabok!! Ya iyalah.. apalgi terkena HIV AiDS.. >_<
·      Menderita sifilis, TBC, epilepsy, punya kecenderungan pendarahan/punya riwayat penyakit darah githu [ex: thalasemia]

Beuhh,,ternyata ga sesimpel yang saya bayangkan dulu.. ^.^
Dan yaa,,maklum aja,saya sering ditolak dulu.. ;p heheww..
Kurus n kadang penyakitan.. ;p

Buat teman2 semua..”MET JADI PENDONOR…=)”
Setitik Darahmu Sangat Berarti Buat Mereka… ^^,

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...