Rabu, 01 September 2010

-JOGJA KOTA REVOLUSI-

 

 Itulah judul tema pameran kali ini. Hasil kerjasama antara Jogja Gallery dan Yayasan Bung Karno. Bertempat di Jogja Gallery, tepat di pojok jalan alun-alun utara. Pojok antara selatan dan timur [itu nama arah mata anginnya apa ya? Hehee..]. Pameran ini dibuka mulai tanggal 18 Agustus hingga 19 September 2010. Jam buka pun gak tanggung2,,dari Selasa-Minggu, pukul 09.00-21.00. Namun sayang,, saya “kecelik” tiga kali ke sana, tutup terus >_< Akhirnya untuk keempat kalinya, saya beruntung, bisa menikmati pameran tersebut. ^.^

Jogja Kota Revolusi. Ya, dalam fakta sejarah, Yogyakarta menempati posisi strategis dalam menegakkan kedaulatan NKRI. Sikap Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang berdiri tegak bersama Republik Indonesia dan menjadi bagian tak terpisahkan yang dibuktikan dengan sokongan terhadap Pemerintah Republik ketika hijrah di bumi Mataram.

Pameran “Jogja Kota Revolusi” ini menampilkan foto peristiwa, film dokumenter, dan benda-benda bersejarah dari tahun 1945-1950 di Yogyakarta. Dipamerkan juga, baju milik Bung Karno, Bung Hatta, dan Muhammad Roem, buku-buku Bung Karno, dan berpuluh-puluh foto terpasang di dinding yang dikelompokkan per tahun.


Ada pula foto peristiwa Proklamasi Republik Indonesia  tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan bagian sangat penting dalam sejarah bangsa, dan untuk pertama kalinya [katanya yang jaga, hehe.. saya juga gak tahu] ditampilkan dokumentasi foto yang belum pernah terungkap selama ini. ^^,

Pameran ini diadakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesai ke-65 dan mengingatkan kita kembali akan sejarah bangsa, terutama peran Yogyakarta dalam sejarah bangsa dan kemerdekaan Indonesia. Kita harus bersyukur akan kemerdekaan yang kita dapat. Dan yang paling penting, kita jangan terhipnotis akan kejayaan di masa lalu, akan kegagahan para pelaut, kegigihan para pejuang, betapa melimpahnya kekayaan alam. Namun, kita, sebagai bangsa Indonesia, juga harus ‘tanggap’, dengan mengisi kemerdekaan tersebut dengan hal yang positif, membangun Negara kita,, bukannya melakukan suatu hal yang provokatif dan menghambat kesejahteraan kemakmuran rakyat.

Weell,,bagi temen2 yang ada di wilayah Jogja,,Monggo mampir sadja!! Mari nikmati pamerannya, semoga menambah semangat kita untuk semakin cinta tanah air, mengenal Indonesia dan membangun Indonesia!!



Baca Juga:
JOGJA JAMMING..!?! Saatnya Seni Bicara..
Telaga Menjer: Wisata Danau Indah yg Tersembunyi
Squad Pelayanan: Journey to Baron Beach
Mau Donor Darah?? Gak Segampang Itu..!?!

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...