Kamis, 29 April 2010

JOGJA JAMMING!! Saatnya seni bicara!!


Hal yang membedakan Yogyakarta dengan kota lainnya ialah denyut seni  
yang  begitu keras detaknya. Inilah yang membuat aNa betah dan selalu 
kangen dengan Jogja, panggilan akrab dari Yogyakarta. Seakan tak ada 
minggu yang kosong tanpa pameran seni, entah seni musik, seni rupa, 
seni teater, etc. Di dinding dan ruang publik, kita pun dimanjakan oleh 
seni graffiti para ‘pegawe’ seni tersebut, yang kadang berupa kritikan 
terhadap situasi sosial sekitar kita yang menggelitik. Seakan para 
‘pegawe’ seni ini, tak pernah kehabisan ide untuk menggunakan berbagai 
tempat sebagai “galeri.”

Nah,,kemarin waktu penghujung tahun 2009 dan pembuka tahun 2010, 
tepatnya pada 10 Desember 2009 – 10 Januari 2010, diadakan ”Jogja 
Jamming: Gerakan Arsip Seni Rupa [Art Movement Archive]” dalam rangka 
Biennale X. Beuhh,, membuat aNa terpukau dan tak konsen ketika naik 
motor. ;p Lha karya para seniman tersebut dipamerkan di berbagai ruang 
publik. Ini nih, beberapa fotonya.

Kegiatan ini diikuti oleh 126 perupa yang hasil karyanya digelarkan di 
Gedung BI dan Taman Budaya dan sekitar 200 perupa yang karyanya 
dipamerkan di berbagai ruang publik, di tempat-tempat umum  [hasil 
tanya jawab sama yang jaga diresepsionis githu]. 
Nah, ini nih, beberapa hasil karya para perupa tersebut, 
di beberapa sudut kota, dan saya, bapak saya, aNNas, 
mejeng disana..hohooo…

Mari ulas di Taman Budaya dulu. Ketika sampai disana, waooww… 
memukau! Pintu masuk Taman Budaya, digantungi ratusan baut, dan 
manusia besi dengan berbagai bentuk. Indah. Jadi membayangkan pintu 
masuk Kerajaan Yunani jaman dulu [efek habis membaca novel Negara 
Kelima ;p]. Di awal masuk, sudah disambut ‘peti mati’, Barack Obama 
naik becak, lukisan Jenderal Sudirman, sepeda unik, dan masih banyak 
lagi. Berikut beberapa gambarnya yang sudah saya ambil.

Meski saya juga termasuk orang awam, tapi saya suka seni, saya suka
melihat hasil karya orang lain, entah dalam bentuk karya foto, 2 dimensi, 
3 dimensi, atau seni suara, teater. I luv it. Walau mungkin saya sendiri, 
kurang begitu tahu artinya, atau esensi, maksud perupa, para seniman 
membuat karya tersebut. Saya menikmatinya dengan cara saya sendiri.
Dan saya menyukainya. =)

Teruslah berkarya, wahai para seniman. aNa tunggu karya2mu 
selanjutnya. Harumkan Yogyakarta, Indonesia, dengan karya senimu. 
aNa, hanya dapat menikmati karyamu, mungkin tak bisa membelinya 
juga, karna receh di saku ini juga tak cukup. Tapi, penghormatan besar, 
kuberikan padamu, karena memberikan inspirasi dan semangat, tiap 

2 comments:

aNNas mengatakan...

baru aja masukin emoticon..
mau ngecek ahh... ;;) :p

aNNas mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/10.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/10.gif

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...