Rabu, 06 Oktober 2010

SEMARAK ULTAH KOTA JOGJA::ACARANYA TWO THUMBS UP!?!

SELAMAT!?! SELAMAT!?!
SELAMAT ULANG TAHUN KOTA YOGYAKARTA YANG KE-254. =D
Semoga makin djaia.. makin berbudaya,, makin dicinta warga.. ;p


Yippyy..hari ini tepat kota Jogja berulangtahun. Jogja yang mempunyai luas hanya 32.5 km2, dengan 14 kecamatan, 45 keluarahan, dibagi dalam 617 RW dan 2.531 RT. Ada berbagai macam agenda yang diselenggarakan. Menarik. Murah meriah. Buat warga jogja, atau yang akan sedang dan ingin ke Jogja.. Hayukk,,mari kita ikut merayakan. Ikut menyemarakkan acara-acara tersebut.

 -NIGHT RIDE “ONTHEL”-
Acara ini sebenarnya udah lewat. Diselenggarakan tadi malam. Night Ride with “sepeda” serbu total TUGU JOGJA kemarin 6/10 dengan start jam 10 pm dan finish di Tugu Jogja tepat pk 12 malam. Sekitar pukul 08:00 komunitas sepeda onthel dekat rumah saya, sudah sangat semarak, menghiasi sepedanya, mengenakan surjan dan blangkon, semangat mengikuti acara Night Ride ini. Adapula Bp. Heri Zudianto, Walikota Yogyakarta yang turut serta dalam acara tersebut. 


-PAWAI MOZAIK-
Nah,,pawai ini akan diselenggarakan HARI INI (07/10), Kamis, 7 Oktober 2010 yang bertepatan dengan hari jadi kota Jogja ke 254. Startnya dari Alun-alun Utara, dan finishnya di Balaikota Yogyakarta. Acara dimulai pada pukul 02:30 pm. Hayukk..ikutan nonton!!


Ada sedikitnya 37 komunitas yang akan memeriahkan pawai ini, mulai dari kelompok Drumband, TNI, Polri, Pelajar, atlet, sampai komunitas profesi dan hobbi. Pemberangkatan peserta pawai akan dilakukan Wakil Walikota Bp Haryadi Suyuti dan Komandan Kodim Kota Yogyakarta Letkol Arudji Anwar.


Yang sayang untuk dilewatkan, ada atraksi terjun payung oleh TNI AU,ada panser tempur juga, penampilan tari boyongan mangkubumi (mengambil spirit boyongan Sri Sultan Hamengkubuwana I yang dipakai sebagai tetenger berdirinya Kota Yogyakarta) bahkan ada lomba panjat pinangnya!!! Ada 45 batang pohon pinang yang siap dipanjat ;p Angka 45 mewakili jumlah kelurahan di Yogyakarta. Juga sebagai simbol, upaya manusia yang selalu ‘memanjat ke atas’ sebagai wujud hubungan vertikal dengan Tuhan dan Hablumminanas (hubungan sesama manusia) yang terwujud dari upaya dan kerjasama mencapai puncak pinang. Rugi jika gak lihat. Hehehe..


Pawai mengambil rute dari Alun-alun Utara, menuju Jl.Koni, Jl.Senopati, Jl Sultan Agung, Jl Kusuma Negara dan berakhir di Balikota yang akan diterima oleh Walikota Yogyakarta Bp Herry Zudianto. Agar pawai lancer aman damai sentosa.. ;p jalan yang menjadi rute pawai akan ditutup. So.. buat yang sudah baca ini,, hindarilah kawasan tersebut! Pasti crowded. Atau justru datang aja ke jalan tersebut,, dan mari kita nikmati pawainya!! ^.^)9


-FESTIVAL 45 KELURAHAN-
Yupp,,agar acara semakin meriah..selain festival terpusat, tiap kelurahan juga mengadakan acara sendiri2 loh. Mulai dari bazaar, pentas seni, Reog Ponorogo, Liong-Singa, Lomba-Lomba dan masih banyak lagi. Disini nih,,kalau mau lebih detail acaranya dimana, kapan, apa saja.
DOWNLOAD.

-PUNCAKNYA: HARMONY IN NIGHT-
Harmony in Night-Keselarasan dalam malam, dengan Spirit “Celebration of Cultural Unity”. Mengapa menggunakan kata Night? Karena sangat jarang sekali ada karnaval di malam hari. Dan hanya Jogja lah yang menyelenggarakannya. That’s why its so special. =)


Another speciality of this carnival iss.. [halah sok-sokan bisa English ;p] Akan ada parade, kolosal, moving stage, dance n motion repetition, dengan baju yang eye catching n sparkling, n pastinya sangat kental akan budaya/culture masyarakat. Waaooww..sangat menarik, bukan??


Adapun tema dary Harmony in Night Carnaval ada tiga, yaitu Human Harmony (Selaras dg sesame/Golong Gilig), Universe Harmony (Selaras dg Alam/Memayu Hayuning Buwana), dan Heaven Harmony (Selaras dengan Pencipta/Manunggaling Kawula Gusti).


Acaranya sendiri diselenggarakan pada 16 Oktober 2010, mulai jam 19:00. Karnaval menggunakan kendaraan yang sudah dihiasi dan berbagai macam pertunjukan seni di atasnya. Rute karnaval mulai dari Jalan Malioboro – Jalan Ahmad Yani dan finish di Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.


BACA JUGA:
LOMBA FOTO JOGJA JAVA CARNIVAL : Ayoo..Tunjukkan kebolehanmu.. =) 
Jogja International Performing Arts -Report-
Kreasi Membungkus Kado Spiral =) 
Apapun Rasamu, Al-Quran Punya Jawabannya 
JOGJA JAMMING..Saatnya Seni Bicara 

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...