Jumat, 11 Februari 2011

~Gambaran Buat Temen2 : Penempatan Lulusan Mahasiswa STAN~

Setelah teman-teman tahu, apa itu STAN,, gimana sih sistem perkuliahannya.. Udah belajar soal-soalnya.. Perlu tahu juga serapan dari mahasiswa yang lulus STAN ke berbagai formasi PNS di bawah lingkungan Departemen Keuangan. Bahkan,,ada pula yang ditempatkan di luar Departemen Keuangan, seperti Badan Perimbangan Keuangan (BPK).
Sebenarnya,,keterangan ini tidak bersifat mutlak. Semua tergantung permintaan masing-masing Direktorat dan persetujuan Menpan (Pemberdayaan Aparatur Negara). Tapi tak ada salahnya untuk memberikan sedikit gambaran buat teman-teman semua.. =)
Semoga bermanfaat yaaaa…. ^.^

>> Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan
Hal yang spesial dari spesialisasi akuntansi pemerintahan ini [menurut saya yaa..] yaitu memiliki banyak peluang untuk ditempatkan di bermacam instansi. Serta dapat menimba ilmu paling kompli. Belajar akuntansi pasti,, belajar Pajak juga,, belajar tentang anggaran juga.. pokoknya jika disamakan dengan nasi goreng,,menunya Nasi Goreng Komplit Spesial deh. Hehee.. Beberapa instansi yang ‘mengambil’ lulusan akuntansi, yaitu:
  1. Departemen Keuangan : Setjen (Sekretariat Jenderal), Itjen (Inspektorat Jenderal),  DJP  (Direktorat Jenderal Pajak), DJPbN (Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara), DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara), BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan), DJBC (Direktorat Jenderal Bea Cukai)
  2. BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)
  3. BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan)
>>  Spesialisasi Administrasi Perpajakan
Sesuai dengan namanya..pastilah mayoritas mahasiswa lulusannya, ditempatkan ke Direktorat Jenderal Pajak. Tahun 2009, hamper 90% ditempatkan di DJP. Berikut beberapa instansi yang menempatkan mahasiswa lulusan administrasi perpajakan:
  1. DJP (Direktorat Jenderal Pajak)
  2. BKF (Badan Kebijakan Fiskal)
  3. BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan)
  4. Itjen (Inspektorat Jenderal)
  5. Sekjen (Sekretaris Jenderal)
>> Spesialisasi Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
Spesialisasi ini mendidik mahasiswanya untuk bisa menilai suatu asset/bangunan. Ya,,joke-nya teman-teman,,inilah spesialisasi yang paling IPA dari semua jurusan di STAN. Hehee.. Ada pelajaran akuntansinya, pajaknya, dan hitungan2 IPAnya pun dapat! Ini nih,,beberapa instansi yang menempatkan mahasiswa dari PBB/Penilai…
  1. DJP (Direktorat Jenderal Pajak)
  2. DJKN (Direktorat Kekayaan Negara)
>> Spesialisasi Kebendaharaan Negara
Mempelajari tentang anggaran. Pastinya penempatannya tak jauh2 dari anggaran dan keuangan. Hehee.. ini nih diantaranya… : )
1.      Departemen Keuangan : Setjen (Sekretariat Jenderal) Departemen Keuangan, DJPbN (Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara) à Tahun 2009, angkatan saya tidak ada formasi yang masuk ke DJPbN, BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan), DJA (Direktorat Jenderal Anggaran)
2.      BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)
3.      BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan)

>> Spesialisasi PPLN
Mempelajari tentang piutang lelang Negara. Mahasiswanya beberapa ditempatkan di instansi berikut!!
1.      DJKN (Direktorat Kekayaan Negara)
2.      BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan)

>> Spesialisasi Bea Cukai
Mahasiswanya cowok2 semua,, mempelajari tentang Pajak dan cukai. Semi militer dan bahkan diajarkan menggunakan senjata. Maklum,,mereka bakal bekerja di tempat yang ‘keras’ seperti di pelabuhan, batas2 pulau dan Negara, dll. Makanyaa…perlu dibekali kecakapan tersebut. Ini beberapa instansi yang menempatkan mahasiswa lulusan Spesialisasi Bea Cukai.
1.      Setjen (Sekretariat Jenderal) Departemen Keuangan
2.      DJBC (Direktorat Kepabeanan dan Cukai)
3.      BKF (Badan Kebijakan Fiskal)

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...