Jumat, 11 Februari 2011

-TIPS MEMILIH JURUSAN SETELAH LULUS SMA,, MENUJU BANGKU KULIAH-


Kadang kita tak mengerti apa yang kita mau. Atau tak yakin sepenuhnya jalan yang akan kita tempuh. Terlebih masa2 SMA yang merupakan masa2 pendewasaan sehingga kadang merasa kehilangan arah. Bakal gawat, jika hal berhubungan dengan masa depan kita kelak. Pemilihan universitas or jurusan, misalnya. Jika di awal kita justru memilih jurusan yang salah, tak sesuai kompetensi, bakat dan keinginan, dapat menimbulkan rasa penyesalan atau bahkan berhenti di tengah jalan.

Nah disini kami bakalan ngasih sedikit pengalaman buat mencari jurusan or kuliah yang tepat. Ada beberapa poin penting yang harus kamu gali, baik dari aspek dirimu, keadaan financial, juga lingkungannya. Udah gak sabaran mau tahu?? Kalo gitu, yuk kita bahas bareng2.. =)

>>  MINAT
Yup,,cari tahu, gali lebih dalam,,apa sih minatmu? Kamu tertarik dalam bidang apa sih? Kenapa minat kami taruh di nomor pertama, di atasnya potensi. Karena menurut kami, asalkan ada minat dalam diri kita, insya Allah, justru kita bakal lebih mendalami dan mencintai kegiatan tersebut. Sebaliknya, kalau mengerjakan sesuatu udah gak minat duluan, pasti kita bakal “moody” atau stres kan? Pastinya itu bakal berakibat fatal kalo berhubungan dengan kuliah kita. Dan potensi, kadang tak sama dengan minat kita.
>>  POTENSI
Setelah kamu menentukan minat kamu,
Ketahui juga, potensimu dimana. Kelebihanmu di bidang apa. Kamu perlu instropeksi diri kamu, sebenarnya kemampuan potensial kamu ada dibidang apa? Bakal lebih baik, jika potensimu juga sama dengan minat kamu.
>> PELUANG KERJA DARI JURUSAN YANG KAMU PILIH
Sebelum kamu menentukan jurusan yang akan dipilih, jangan lupa lihat prospek masa depan setelah kamu lulus. Peluang kerja apa aja yang mau menerima lulusan dari jurusanmu. Kan tujuan kita kuliah juga biar bisa mendapatkan/membuat pekerjaan. ^^, Jadi gak lucu juga donk, jika tetap susah nyari kerjaan. Contoh aja, saya dulu ngebet banget pengen jadi astronot, ambil jurusan di astronomi ITB. Tapi ditentang orang tua, karena ujung2nya sedikit sekali peluang untuk bekerja sesuai dengan apa yang telah saya pelajari. >.<

>>  LIHAT FINANSIAL KELUARGA      
Poin yang satu ini juga penting nih. Kalo udah dapat minta, potensi, universitas sama jurusannya, tapi di tengah jalan, keluarga susah memberikan dukungan secara materiil, gimana donk? Jadi, perlu konsultasikan ke keluarga, universitas/jurusan yang sekiranya keluarga mampu membiayai sampai kita lulus nanti. Syukur-syukur, dapat beasiswa/bantuan pendidikan. Apalagi, kalau masuk ke PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) yang biaya kuliahnya GRATISS... Itu akan sangat membantu meringankan beban keluarga.. =) Why Not to tRy???

2 comments:

Alvin Pramuditya mengatakan...

sya mnat dg astronomi sperti mas jelaskan td,ap bner y prospek krjanya sdikit pdahal mnat ma potensi sdh keliatan dr kcil smpe lulus SMA,tolong beri suport spy sya bsa msuk jrusan ini please??
jwab d email sya
aavy19@gmail.com

aNNas mengatakan...

.mas apple.
iya, sama, mendalami astronomi, juga merupakan impian saya sedari kecil..
tp seiring waktu berjalan,,ketika kelas 2 sma, kembali saya menimang2 pilihan2 saya, yang nantinya jg menentukan arah hidup saya.
dipertimbangkan juga, minat-potensi-kesempatan kerja juga mas..
selengkapnya saya balas email ya..

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...