Jumat, 06 Juni 2014

Analisis Terhadap Visi Misi Perusahan.. : Sudah Sesuaikah??? ^__^


Ya..siapa bilang kuliah D4 ini nyantai?? Dengan tegas saya mengatakan: D4 ini jauh lebih berat dibanding D3. Dalam pemberian materi, kita sudah dianggap “dewasa” dan mampu belajar sendiri... :’( Plus setiap pertemuan, selalu ada tugas, pr dan pastinya presentasi. ^^, Tapi alhamdulillah, hal tersebut makin melecutkan semangat saia untuk terus berjuang disini, berjuang menyeimbangkan urusan keluarga (tiap wiken slalu pulang Magelang jenguk anak, huhu..) dan urusan kuliah yg perlu kinerja otak yg ciamik.

Tugas kali ini masih tentang Manajemen Strategik, yang lagi2 Megik (Magic). Selama sebulan, baru sekali tatap muka dengan dosen: perkenalan. Selebihnya hanya tugas via email. Hahaa,, Sekarang kami diberi tugas membedah visi misi perusahaan di BEI, Bursa New York, dan BUMN. Untuk menelaah apakah visi misi tersebut sudah sesuai ataupun belum. Here we go... *siap2 nyimak *pakai kacamata :D

1.  Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Perusahaan yang terdaftar di BEI yang kami pilih untuk menganalisis visi dan misi perusahaan mereka yakni: PT. Mitra Adiperkasa Tbk., dan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Visi PT. Mitra Adiperkasa Tbk :
“Menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di Indonesia untuk merek – merek gaya hidup dan produk – produk berkualitas ternama”
Misi PT. Mitra Adiperkasa Tbk :
1.    Produk yang baru dan inovatif
2.    Memberikan pengalaman berbelanja paling mengasikkan
3.    Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan
4.    Memberikan nilai yang sesuai dengan uang yang dibelanjakan

Menurut Fred David di dalam Strategic Management : Concept and Cases yang dimaksud dengan visi suatu perusahaan adalah suatu gambaran perusahaan akan menjadi apa. Syarat – syarat untuk mengutarakan suatu visi dan misi yang baik itu harus memiliki :
1.    Menyediakan kesatuan arah
2.    Mempromosikan harapan bersama
3.    Nilai bersama
4.    Proyeksi dari perasaan yang berharga
5.    Menguatkan komitmen perusahaan

Hal ini dapat kita lihat visi PT. Mitra Adiperkasa Tbk yang menggambarkan perusahaannya ingin menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di Indonesia untuk merek-merek gaya hidup dan produk-produk berkualitas ternama. Menurut saya bahwa pemilihan visi sudah baik karena kesesuaian kegiatan perusahaan dengan hal-hal yang sudah disebutkan di dalam visi PT. Mitra Adiperkasa tersebut. Sehingga perusahaan diorganisasikan dengan arah yang jelas.

Sedangkan menurut Fred David di dalam Strategic Management , Concept dan Cases misi suatu perusahaan yang baik itu harus memiliki beberapa hal, yaitu :
1.    Mengantisipasi kebutuhan konsumen
2.    Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
3.    Menyediakan pelayanan untuk memuaskan konsumen
4.    Mengidentifikasikan kegunaan produk perusahaan kepada konsumen

Berdasarkan pernyataan Fred David tersebut misi yang diumumkan oleh PT. Mitra Adiperkasa adalah baik dan sesuai dengan konsep yang telah disinggung sebelumnya, bahwa di dalam misi itu menjelaskan hal-hal yang menjadi kebutuhan konsumen, memberikan pelayanan, dan menjelaskan harga sesuai dengan kualitas yang dibeli.

Visi PT. Sumber Alfaria Trijaya
“Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.”
Misi PT. Sumber Alfaria Trijaya
1.    Memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul
2.    Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menengakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi
3.    Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha
4.    Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.

Visi adalah gambaran mengenai masa depan suatu perusahaan, kondisi dimana suatu perusahaan ingin mencapai dengan, bagaimana mencapai suatu kondisi tersebut adalah dengan menetapkan suatu misi untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan tersebut. Dapat kita lihat visi dari PT. Sumber Alfaria Trijaya yaitu menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.  Bila kita lihat visi tersebut dapat kita nilai telah sesuai dengan gambaran kegiatan perusahaan tersebut, seperti yang kita ketahui visi yang baik adalah visi yang dibuat dengan arah kemana kegiatan perusahaan tersebut dijalankan.

Hal yang menjadi sorotan berikutnya yaitu misi untuk mewujudkan visi PT. Sumber Alfaria Trijaya , misi yang baik harus memiliki kriteria sebagaimana yang disebutkan Fred David, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bila kita bandingkan misi yang diumumkan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan kriteria tersebut, maka menurut kami, misi yang ditetapkan tersebut dinilai kurang baik. Misi yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut tidak mengidentifikasikan kebutuhan konsumen dan juga tidak menjelaskan kegunaan produk perusahaan kepada konsumen secara spesifik. Penulis sengaja mengambil 2 jenis perusahaan dari kegiatan yang sama agar dapat membandingkan misi kedua perusahaan atas kegiatan yang sama. Seharusnya PT. Sumber Alfaria Trijaya menjelaskan kegunaan produk perusahaan kepada konsumen, contohnya memberikan kualitas dari suatu barang sesuai dengan tingkat harganya, mendistribusi produk – produk luar negeri yang berkualitas, dan lain lain.

2.    Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek New York
Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek New York yang akan kami analisis visi misinya ialah General Motor dan Fed Ex. Berikut ulasan dari kelompok kami.
Visi Perusahaan General Motor
"Over the past 100 years, GM has been a leader in the global automotive industry. And the next 100 years will be no different. GM is committed to leading the industry in alternative fuel propulsion."

"GM’s vision is to be the world leader in transportation products and related services. We will earn our customers’ enthusiasm through continuous improvement driven by the integrity, teamwork, and innovation of GM people."
Misi Perusahaan General Motor
"General Motors is a multinational corporation engaged in socially responsible operations, worldwide. It is dedicated to provide products and services of such quality that our customers will receive superior value while our employees and business partners will share in our success and our stock-holders will receive a sustained superior return on their investment."

Visi menjawab pertanyaan “Seperti apakah perusahaan nantinya dalam jangka panjang?”. Visi GM (General motor) menyebutkan bahwa GM akan tetap menjadi pemimpin dalam perusahaan otomotif dunia dan layanan terkait industri tersebut, bahkan sampai 100 tahun berikutnya. GM juga berkomitmen untuk menguasai pasar sejenis yaitu industri otomotif dengan bahan bakar alternatif yang saat ini sedang berkembang dan memiliki prospek yang cerah kedepannya.
Dalam Visi tersebut ( pada bagian “We will earn our customers’ enthusiasm through continuous improvement driven by the integrity, teamwork, and innovation of GM people.") juga tersirat strategi dan nilai-nilai dalam manajemen GM untuk mencapai strategi tersebut.
Menurut kami, visi tersebut sudah baik. Visi tersebut sudah menjawab perntanyaan akan menjadi apa perusahaan ini nantinya dalam jangka panjang, peluang pasar baru yang  diambil, serta strategi dan nilai-nilai perusahaan.
Ada pendapat bahwa sebaiknya visi perusahaan sebaiknya merupakan kalimat yang pendek, sementara visi GM bukanlah demikian. Menurut kami, hal ini bukanlah masalah mengingat tujuan utama visi adalah menjelaskan posisi perusahaan yang ingin dicapai nantinya.

Untuk misi merupakan sebuah deklarasi tentang alasan keberadaan suatu organisasi, serta menjawab pertanyaan yang paling penting “Apakah bisnis kita (perusahaan)?”. 
Dan seperti pada buku Fred David, terdapat 9 kunci pokok dalam pembuatan misi. 


a.      Konsumen = ‘customers’
b.      Produk/ Jasa = ‘provide products and services’
c.      Pasar (secara geografis, dimana perusahaan bersaing) =’worldwide’
d.      Teknologi = tidak ada
e.     Fokus pada kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas = ‘our stock-holders will receive a sustained superior return on their investment’
f.       Filosofi (keyakinan, nilai, aspirasi, dan prioritas etis dasar perusahaan) = tidak ada
g.     Konsep Diri (kompetensi khusus/ keunggulan kompetitif utama perusahaan) = ‘It is dedicated to provide products and services of such quality that our customers will receive superior value’
h.     Fokus pada citra publik = ‘engaged in socially responsible operations’
i.       Fokus pada karyawan = ‘while our employees and business partners will share in our success’
 

Menurut kami, misi GM sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat beberapa poin yang tidak disampaikan seperti teknologi dan filosofi.

Visi Perusahaan FedEx :
“Leading the way”
Misi Perusahaan FedEx :
“FedEx Corporation will produce superior financial returns for its shareowners by providing high value-added logistics, transportation and related business services through focused operating companies. Customer requirements will be met in the highest quality manner appropriate to each market segment served. FedEx will strive to develop mutually rewarding relationships with its employees, partners and suppliers. Safety will be the first consideration in all operations. Corporate activities will be conducted to the highest ethical and professional standards”


Visi menjawab pertanyaan ‘Seperti apakah perusahaan nantinya dalam jangka panjang?”. Yang menarik dari visi FedEx adalah visi tersebut sangat singkat, namun dapat menjelaskan jelas mengenai akan seperti apa perusahaan ini nantinya, yaitu menjadi perusahaan terbaik dalam bidang pengiriman barang. Jadi, menurut kami visi perusahaan ini sudah cukup baik.

Misi merupakan sebuah deklarasi tentang alasan keberadaan suatu organisasi, serta menjawab pertanyaan yang paling penting “Apakah bisnis kita (perusahaan)?”. 
Misi yang baik, mencakup 9 kompononen penting sebagai berikut, dan sekaligus meniai aspek pernyataan misi tersebut.
a.      Konsumen = ‘to each market segment served’
b.      Produk/ Jasa = ‘providing high value-added logistics, transportation and related business services’
c.      Pasar (secara geografis, dimana perusahaan bersaing) = ‘to each market segment served
d.      Teknologi = tidak ada
e.     Fokus pada kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas = ‘FedEx Corporation will produce superior financial returns
f.       Filosofi = “Corporate activities will be conducted to the highest ethical and professional standards
g.     Konsep Diri = ‘high value-added logistics, transportation and related business services through focused operating companies. Customer requirements will be met in the highest quality manner appropriate to each market segment served
h.     Fokus pada citra publik = ‘develop mutually rewarding relationships with its employees, partners and suppliers. Safety will be the first consideration in all operations. Corporate activities will be conducted to the highest ethical and professional standards”
i.       Fokus pada karyawan = ‘develop mutually rewarding relationships with its employees’


Menurut kami, misi FedEx sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat satu poin yang tidak disampaikan dalam pernyataan misi tersebut, yaitu teknologi. Mungkin aspek teknologi secara tidak langsung sudah tersirat pada pernyataan ‘high value’ dan ‘focused operating companies’, tapi menurut kami hal itu masih belum cukup mengingat pernyataan misi haruslah jelas.


3.  Perusahaan BUMN
BUMN yang masuk BEI yang kami pilih adalah PT PGN (Perusahaan Gas Negara) dan PT Semen Indonesia. Kenapa kami memilih dua BUMN di atas, yaitu dikarenakan dua BUMN tersebut masuk dalam daftar 2000 perusahaan terbesar versi majalah Forbes. Dalam memeringkat 2.000 perusahaan itu, Forbes menggunakan ukuran berdasarkan penjualan, laba, aset, dan nilai pasar. Secara total, 2.000 perusahaan itu membukukan pendapatan US$38 triliun, atau naik 6 persen dibanding tahun lalu.
Setidaknya 9 BUMN Indonesia yang masuk dalam “nominasi” 2000 perusahaan terbesar versi Forbes. Adapun 7 BUMN lainnya adalah  adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk,  PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Gudang Garam Tbk.
Kami akan membahas mulai dari PT PGN.

Visi PT Perusahaan Gas Negara
“Menjadi perusahaan energi kelas dunia di bidang pemanfaatan gas bumi.”
Misi PT Perusahaan Gas Negara
Meningkatkan nilai tambah perusahaan bagi pemangku kepentingan melalui:
  1. Penguatan bisnis inti di bidang transportasi, niaga gas bumi dan pengembangannya
  2. Pengembangan usaha pengolahan gas
  3. Pengembangan usaha jasa operasi, pemeliharaan dan keteknikan yang berkaitan dengan industri migas
  4. Profitisasi sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan usaha lainnya
Rencana Kerja PT Perusahaan Gas Negara
DISTRIBUSI
PGN telah mengembangkan bisnis distribusi gas alam lewat jaringan pipa sepanjang 3.187 km, melayani banyak kota besar di Indonesia termasuk Jakarta, Bogor, Bekasi, Banten,Karawang, Cirebon, Surabaya, Palembang, Medan, Batam dan Pekanbaru. Jaringan distribusi dan fasilitas tersebut ditangani oleh tiga unit SBU distribusi dengan pengembangan berbasis area kerja. Distribusi adalah bisnis utama PGN yang menyumbangkan 83,4% dari pendapatan.
Pasokan Gas
PGN memenuhi kebutuhan pasar akan gas alam melalui beberapa persediaan sumber daya oleh Pertamina dan Kontraktor dengan sistem Production Sharing Contract dan Perjanjian penjualan gas alam untuk 5 sampai 20 tahun. Perjanjian jangka panjang dimaksudkan untuk memastikan PGN mendapatkan pasokan gas alam yang memadai, sehingga kualitas pelayanan kepada konsumen bisa dijaga.
Pelanggan
Pelanggan PGN dibagi menjadi 3 kategori, yaitu rumah tangga, komersil, dan industri. Dalam angka, pelanggan rumah tangga mencapai 97% dari total pelanggan. Meskipun begitu, sektor industry menyerap volume sebesar 98%.
SBU Distribusi
Strategic Business Unit (SBU) Distribusi adalah suatu unit yang ditugaskan untuk mengatur secara langsung aktivitas bisnis dari distribusi gas alam.
Menurut Peter Drucker, Perusahaan tidak ditentukan oleh nama, status, maupun tulisan-tulisan tentang perusahaan tersebut. Melainkan ditentukan oleh misi dari perusahaan tersebut. Hanya misi yang terdefinisi secara jelas dan tujuan lah yang membuat sasaran perusahaan tersebut jelas dan mungkin. Dan John Keane berkata bahwa dimana tidak ada visi, orang akan binasa. Jadi visi dan misi haruslah hal pertama yang dirumuskan dalam menjalankan Perusahaan.
PGN mempunyai visi dan misi seperti diatas. Menurut kelompok kami, visi PGN yaitu menjadi perusahaan energi kelas dunia di bidang pemanfaatan gas bumi sudah jelas, mewakili What do we want to become. Terbukti bahwa dengan visi tersebut PGN mampu masuk dalam daftar 2000 perusahaan terbesar versi Forbes. Dan visi tersebut secara jelas menjawab What is our business, yaitu pemanfaatan gas bumi, sekaligus bersinergi dengan misi perusahaan.
Mungkin yang harus dipikir ulang oleh manajemen PGN yaitu misi ke empat, yaitu profitisasi sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan usaha lainnya. Nah, yang dimaksud usaha lainnya dalam misi tersebut masih belum jelas, sehingga menurut kelompok kami sebaiknya diganti kalimatnya atau ditiadakan, sehingga PGN bisa berfokus dengan 3 misi diatas.

Setelah PGN, BUMN yang kedua yang kami pilih yaitu PT Semen Indonesia. PT Semen Gresik (Persero) Tbk. (yang sekarang menjadi Semen Indonesia) kembali membuat jejak penting sejarah perseroan. Pertama, Grup Semen Gresik akan berinvestasi di Vietnam dengan mengakuisisi kepemilikan saham mayoritas sebuah perusahaan semen Vietnam. Kedua, akan membangun perusahaan strategic holding dengan nama PT Semen. Dengan demikian Grup Semen Gresik (Semen Indonesia) akan menjadi BUMN pertama yang melangkahkan kaki menjadi perusahaan multinasional atau multinational corporation (MNC).

Visi PT Semen Indonesia
Menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara
Misi PT Semen Indonesia
1.    Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
2.    Mewujudkan manajemen berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat kebersamaan dan inovatif.
3.    Meningkatkan keunggulan bersaing di domestic dan internasional.
4.    Memberdayakan dan mensinergikan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
5.    Memberikan kontribusi dalam peningkatan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Menurut kelompok kami, visi perusahaan masih bisa diperjelas lagi. Dan karena Semen Indonesia baru ekspansi bisnis ke Vietnam, mungkin visi di atas masih relevan. Meskipun kata-kata “Indonesia” masih merupakan “Asia Tenggara” sehingga memungkinkan kerancuan penafsiran dari eksekutif perusahaan.

Pada misi Semen Indonesia, poin yang jelas hanya 3 dan 5. Selain itu, kalimat misi Semen Indonesia terlalu panjang dan lebih dari satu ide per misi. Sedangkan menurut kelompok kami misi yang bagus dan  yang bisa menjawab What is our business adalah :
1.  Memproduksi dan memperdagangkan semen
2.  Mewujudkan manajemen berstandar Internasional ISO 9001:2008
3.  Memberikan kontribusi dalam peningkatan para pemangku kepentingan
 

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...