Ya..siapa bilang kuliah D4 ini
nyantai?? Dengan tegas saya mengatakan: D4 ini jauh lebih berat dibanding D3.
Dalam pemberian materi, kita sudah dianggap “dewasa” dan mampu belajar
sendiri... :’( Plus setiap pertemuan, selalu ada tugas, pr dan pastinya
presentasi. ^^, Tapi alhamdulillah, hal tersebut makin melecutkan semangat saia
untuk terus berjuang disini, berjuang menyeimbangkan urusan keluarga (tiap
wiken slalu pulang Magelang jenguk anak, huhu..) dan urusan kuliah yg perlu
kinerja otak yg ciamik.
Tugas kali ini masih tentang
Manajemen Strategik, yang lagi2 Megik (Magic). Selama sebulan, baru sekali
tatap muka dengan dosen: perkenalan. Selebihnya hanya tugas via email. Hahaa,,
Sekarang kami diberi tugas membedah visi misi perusahaan di BEI, Bursa New
York, dan BUMN. Untuk menelaah apakah visi misi tersebut sudah sesuai ataupun
belum. Here we go... *siap2 nyimak *pakai kacamata :D
1. Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI)
Perusahaan
yang terdaftar di BEI yang kami pilih untuk menganalisis visi dan misi
perusahaan mereka yakni: PT. Mitra Adiperkasa Tbk., dan PT. Sumber Alfaria
Trijaya Tbk.
Visi PT. Mitra Adiperkasa Tbk :
“Menjadi perusahaan
pemasaran ritel terkemuka di Indonesia untuk merek – merek gaya hidup dan
produk – produk berkualitas ternama”
Misi
PT. Mitra Adiperkasa Tbk :
1.
Produk yang baru dan inovatif
2.
Memberikan pengalaman berbelanja paling
mengasikkan
3.
Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan
4.
Memberikan nilai yang sesuai dengan uang yang
dibelanjakan
Menurut
Fred David di dalam Strategic Management
: Concept and Cases yang dimaksud dengan
visi suatu perusahaan adalah suatu gambaran perusahaan akan menjadi apa. Syarat
– syarat untuk mengutarakan suatu visi dan misi yang baik itu harus memiliki :
1.
Menyediakan kesatuan arah
2.
Mempromosikan harapan bersama
3.
Nilai bersama
4.
Proyeksi dari perasaan yang berharga
5.
Menguatkan komitmen perusahaan
Hal
ini dapat kita lihat visi PT. Mitra Adiperkasa Tbk yang menggambarkan
perusahaannya ingin menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di Indonesia
untuk merek-merek gaya hidup dan produk-produk berkualitas ternama. Menurut
saya bahwa pemilihan visi sudah baik karena kesesuaian kegiatan perusahaan
dengan hal-hal yang sudah disebutkan di dalam visi PT. Mitra Adiperkasa
tersebut. Sehingga perusahaan diorganisasikan dengan arah yang jelas.
Sedangkan
menurut Fred David di dalam Strategic
Management , Concept dan Cases misi suatu perusahaan yang baik
itu harus memiliki beberapa hal, yaitu :
1.
Mengantisipasi kebutuhan konsumen
2.
Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
3.
Menyediakan pelayanan untuk memuaskan
konsumen
4.
Mengidentifikasikan kegunaan produk
perusahaan kepada konsumen
Berdasarkan
pernyataan Fred David tersebut misi yang diumumkan oleh PT. Mitra Adiperkasa
adalah baik dan sesuai dengan konsep yang telah disinggung sebelumnya, bahwa di
dalam misi itu menjelaskan hal-hal yang menjadi kebutuhan konsumen, memberikan
pelayanan, dan menjelaskan harga sesuai dengan kualitas yang dibeli.
Visi PT. Sumber Alfaria Trijaya
“Menjadi jaringan
distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi
kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen,
serta mampu bersaing secara global.”
Misi
PT. Sumber Alfaria Trijaya
1.
Memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen
dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul
2. Selalu
menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menengakkan
tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi
3. Ikut
berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa
wiraswasta dan kemitraan usaha
4. Membangun
organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat
bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
Visi
adalah gambaran mengenai masa depan suatu perusahaan, kondisi dimana suatu
perusahaan ingin mencapai dengan, bagaimana mencapai suatu kondisi tersebut
adalah dengan menetapkan suatu misi untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan
tersebut. Dapat kita lihat visi dari PT. Sumber Alfaria Trijaya yaitu menjadi
jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas,
berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan
harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global. Bila kita lihat visi tersebut dapat kita
nilai telah sesuai dengan gambaran kegiatan perusahaan tersebut, seperti yang
kita ketahui visi yang baik adalah visi yang dibuat dengan arah kemana kegiatan
perusahaan tersebut dijalankan.
Hal
yang menjadi sorotan berikutnya yaitu misi untuk mewujudkan visi PT. Sumber
Alfaria Trijaya , misi yang baik harus memiliki kriteria sebagaimana yang
disebutkan Fred David, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Bila
kita bandingkan misi yang diumumkan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan
kriteria tersebut, maka menurut kami, misi yang ditetapkan tersebut dinilai kurang
baik. Misi yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut tidak mengidentifikasikan
kebutuhan konsumen dan juga tidak menjelaskan kegunaan produk perusahaan kepada
konsumen secara spesifik. Penulis sengaja mengambil 2 jenis perusahaan dari
kegiatan yang sama agar dapat membandingkan misi kedua perusahaan atas kegiatan
yang sama. Seharusnya PT. Sumber Alfaria Trijaya menjelaskan kegunaan produk
perusahaan kepada konsumen, contohnya memberikan kualitas dari suatu barang
sesuai dengan tingkat harganya, mendistribusi produk – produk luar negeri yang
berkualitas, dan lain lain.
2.
Perusahaan
Yang Terdaftar di Bursa Efek New York
Perusahaan
yang terdaftar di Bursa Efek New York yang akan kami analisis visi misinya
ialah General Motor dan Fed Ex. Berikut ulasan dari kelompok kami.
Visi Perusahaan General Motor
"Over
the past 100 years, GM has been a leader in the global automotive industry. And
the next 100 years will be no different. GM is committed to leading the
industry in alternative fuel propulsion."
"GM’s
vision is to be the world leader in transportation products and related
services. We will earn our customers’ enthusiasm through continuous improvement
driven by the integrity, teamwork, and innovation of GM people."
Misi Perusahaan General Motor
"General Motors is a multinational
corporation engaged in socially responsible operations, worldwide. It is
dedicated to provide products and services of such quality that our customers
will receive superior value while our employees and business partners will
share in our success and our stock-holders will receive a sustained superior
return on their investment."
Visi menjawab pertanyaan “Seperti apakah perusahaan
nantinya dalam jangka panjang?”. Visi GM (General motor) menyebutkan bahwa GM
akan tetap menjadi pemimpin dalam perusahaan otomotif dunia dan layanan terkait
industri tersebut, bahkan sampai 100 tahun berikutnya. GM juga berkomitmen
untuk menguasai pasar sejenis yaitu industri otomotif dengan bahan bakar
alternatif yang saat ini sedang berkembang dan memiliki prospek yang cerah
kedepannya.
Dalam
Visi tersebut ( pada bagian “We will earn
our customers’ enthusiasm through continuous improvement driven by the
integrity, teamwork, and innovation of GM people.") juga tersirat
strategi dan nilai-nilai dalam manajemen GM untuk mencapai strategi tersebut.
Menurut kami, visi tersebut sudah baik.
Visi tersebut sudah menjawab perntanyaan akan menjadi apa perusahaan ini
nantinya dalam jangka panjang, peluang pasar baru yang diambil, serta strategi dan nilai-nilai
perusahaan.
Ada
pendapat bahwa sebaiknya visi perusahaan sebaiknya merupakan kalimat yang
pendek, sementara visi GM bukanlah demikian. Menurut kami, hal ini bukanlah
masalah mengingat tujuan utama visi adalah menjelaskan posisi perusahaan yang
ingin dicapai nantinya.
Untuk
misi merupakan sebuah deklarasi tentang alasan keberadaan suatu organisasi,
serta menjawab pertanyaan yang paling penting “Apakah bisnis kita
(perusahaan)?”.
Dan seperti pada buku Fred David, terdapat 9 kunci pokok dalam pembuatan misi.
Menurut kami, misi GM sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat beberapa poin yang tidak disampaikan seperti teknologi dan filosofi.
Dan seperti pada buku Fred David, terdapat 9 kunci pokok dalam pembuatan misi.
a.
Konsumen = ‘customers’
b.
Produk/ Jasa = ‘provide products and services’
c.
Pasar (secara
geografis, dimana perusahaan bersaing) =’worldwide’
d.
Teknologi = tidak ada
e.
Fokus pada
kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas = ‘our stock-holders will receive a sustained superior return on their
investment’
f.
Filosofi (keyakinan,
nilai, aspirasi, dan prioritas etis dasar perusahaan) = tidak ada
g.
Konsep Diri
(kompetensi khusus/ keunggulan kompetitif utama perusahaan) = ‘It is dedicated to provide products and
services of such quality that our customers will receive superior value’
h.
Fokus pada citra
publik = ‘engaged in socially responsible
operations’
i. Fokus pada karyawan = ‘while our employees and business partners will share in our success’
Menurut kami, misi GM sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat beberapa poin yang tidak disampaikan seperti teknologi dan filosofi.
Visi
Perusahaan FedEx :
“Leading
the way”
Misi Perusahaan FedEx :
“FedEx
Corporation will produce superior financial returns for its shareowners by
providing high value-added logistics, transportation and related business
services through focused operating companies. Customer requirements will be met
in the highest quality manner appropriate to each market segment served. FedEx
will strive to develop mutually rewarding relationships with its employees,
partners and suppliers. Safety will be the first consideration in all
operations. Corporate activities will be conducted to the highest ethical and
professional standards”
Visi menjawab pertanyaan ‘Seperti apakah
perusahaan nantinya dalam jangka panjang?”. Yang menarik dari visi FedEx adalah
visi tersebut sangat singkat, namun dapat menjelaskan jelas mengenai akan
seperti apa perusahaan ini nantinya, yaitu menjadi perusahaan terbaik dalam
bidang pengiriman barang. Jadi, menurut kami visi perusahaan ini sudah cukup
baik.
Misi merupakan sebuah deklarasi tentang
alasan keberadaan suatu organisasi, serta menjawab pertanyaan yang paling
penting “Apakah bisnis kita (perusahaan)?”.
Misi yang baik, mencakup 9 kompononen penting sebagai berikut, dan sekaligus meniai aspek pernyataan misi tersebut.
Menurut kami, misi FedEx sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat satu poin yang tidak disampaikan dalam pernyataan misi tersebut, yaitu teknologi. Mungkin aspek teknologi secara tidak langsung sudah tersirat pada pernyataan ‘high value’ dan ‘focused operating companies’, tapi menurut kami hal itu masih belum cukup mengingat pernyataan misi haruslah jelas.
Misi yang baik, mencakup 9 kompononen penting sebagai berikut, dan sekaligus meniai aspek pernyataan misi tersebut.
a.
Konsumen = ‘to each market segment served’
b.
Produk/ Jasa = ‘providing high value-added logistics,
transportation and related business services’
c.
Pasar (secara
geografis, dimana perusahaan bersaing) = ‘to
each market segment served’
d.
Teknologi = tidak ada
e.
Fokus pada
kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas = ‘FedEx Corporation will produce superior financial returns’
f.
Filosofi = “Corporate activities will be conducted to
the highest ethical and professional standards”
g.
Konsep Diri = ‘high value-added logistics, transportation
and related business services through focused operating companies. Customer
requirements will be met in the highest quality manner appropriate to each
market segment served’
h.
Fokus pada citra
publik = ‘develop mutually rewarding
relationships with its employees, partners and suppliers. Safety will be the
first consideration in all operations. Corporate activities will be conducted
to the highest ethical and professional standards”
i. Fokus pada karyawan = ‘develop mutually rewarding relationships with its employees’
Menurut kami, misi FedEx sudah mencakup hampir semua aspek tersebut. Namun, masih terdapat satu poin yang tidak disampaikan dalam pernyataan misi tersebut, yaitu teknologi. Mungkin aspek teknologi secara tidak langsung sudah tersirat pada pernyataan ‘high value’ dan ‘focused operating companies’, tapi menurut kami hal itu masih belum cukup mengingat pernyataan misi haruslah jelas.
3.
Perusahaan BUMN
BUMN yang masuk BEI yang kami pilih adalah PT PGN (Perusahaan Gas Negara) dan PT Semen Indonesia. Kenapa kami memilih
dua BUMN di atas, yaitu dikarenakan dua BUMN tersebut masuk dalam daftar 2000
perusahaan terbesar versi majalah Forbes. Dalam
memeringkat 2.000 perusahaan itu, Forbes menggunakan ukuran berdasarkan
penjualan, laba, aset, dan nilai pasar. Secara total, 2.000 perusahaan itu
membukukan pendapatan US$38 triliun, atau naik 6 persen dibanding tahun lalu.
Setidaknya
9 BUMN Indonesia yang masuk dalam “nominasi” 2000 perusahaan terbesar versi
Forbes. Adapun 7 BUMN lainnya adalah
adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara
Indonesia Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk,
PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Gudang
Garam Tbk.
Kami akan membahas mulai dari PT PGN.
Visi PT Perusahaan Gas Negara
“Menjadi
perusahaan energi kelas dunia di bidang pemanfaatan gas bumi.”
Misi PT Perusahaan Gas Negara
Meningkatkan nilai tambah perusahaan bagi pemangku
kepentingan melalui:
- Penguatan bisnis inti di bidang transportasi, niaga gas bumi dan pengembangannya
- Pengembangan usaha pengolahan gas
- Pengembangan usaha jasa operasi, pemeliharaan dan keteknikan yang berkaitan dengan industri migas
- Profitisasi sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan usaha lainnya
Rencana Kerja
PT Perusahaan Gas Negara
DISTRIBUSI
PGN
telah mengembangkan bisnis distribusi gas alam lewat jaringan pipa sepanjang
3.187 km, melayani banyak kota besar di Indonesia termasuk Jakarta, Bogor,
Bekasi, Banten,Karawang, Cirebon, Surabaya, Palembang, Medan, Batam dan
Pekanbaru. Jaringan distribusi dan fasilitas tersebut ditangani oleh tiga unit
SBU distribusi dengan pengembangan berbasis area kerja. Distribusi adalah
bisnis utama PGN yang menyumbangkan 83,4% dari pendapatan.
Pasokan
Gas
PGN
memenuhi kebutuhan pasar akan gas alam melalui beberapa persediaan sumber daya
oleh Pertamina dan Kontraktor dengan sistem Production Sharing Contract dan
Perjanjian penjualan gas alam untuk 5 sampai 20 tahun. Perjanjian jangka
panjang dimaksudkan untuk memastikan PGN mendapatkan pasokan gas alam yang
memadai, sehingga kualitas pelayanan kepada konsumen bisa dijaga.
Pelanggan
Pelanggan
PGN dibagi menjadi 3 kategori, yaitu rumah tangga, komersil, dan industri.
Dalam angka, pelanggan rumah tangga mencapai 97% dari total pelanggan. Meskipun
begitu, sektor industry menyerap volume sebesar 98%.
SBU
Distribusi
Strategic
Business Unit (SBU) Distribusi adalah suatu unit yang ditugaskan untuk mengatur
secara langsung aktivitas bisnis dari distribusi gas alam.
Menurut
Peter Drucker, Perusahaan tidak ditentukan oleh nama, status, maupun
tulisan-tulisan tentang perusahaan tersebut. Melainkan ditentukan oleh misi
dari perusahaan tersebut. Hanya misi yang terdefinisi secara jelas dan tujuan
lah yang membuat sasaran perusahaan tersebut jelas dan mungkin. Dan John Keane
berkata bahwa dimana tidak ada visi, orang akan binasa. Jadi visi dan misi
haruslah hal pertama yang dirumuskan dalam menjalankan Perusahaan.
PGN
mempunyai visi dan misi seperti diatas. Menurut kelompok kami, visi PGN yaitu
menjadi perusahaan energi kelas dunia di bidang pemanfaatan gas bumi sudah
jelas, mewakili What do we want to become. Terbukti bahwa dengan visi tersebut
PGN mampu masuk dalam daftar 2000 perusahaan terbesar versi Forbes. Dan visi
tersebut secara jelas menjawab What is our business, yaitu pemanfaatan gas
bumi, sekaligus bersinergi dengan misi perusahaan.
Mungkin
yang harus dipikir ulang oleh manajemen PGN yaitu misi ke empat, yaitu profitisasi
sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan usaha lainnya. Nah, yang
dimaksud usaha lainnya dalam misi tersebut masih belum jelas, sehingga menurut
kelompok kami sebaiknya diganti kalimatnya atau ditiadakan, sehingga PGN bisa
berfokus dengan 3 misi diatas.
Setelah PGN, BUMN yang kedua yang kami
pilih yaitu PT Semen Indonesia. PT
Semen Gresik (Persero) Tbk. (yang sekarang menjadi Semen Indonesia) kembali
membuat jejak penting sejarah perseroan. Pertama, Grup Semen Gresik akan berinvestasi
di Vietnam dengan mengakuisisi kepemilikan saham mayoritas sebuah perusahaan
semen Vietnam. Kedua, akan membangun perusahaan strategic holding dengan nama PT Semen. Dengan demikian Grup
Semen Gresik (Semen Indonesia) akan menjadi BUMN pertama yang melangkahkan kaki
menjadi perusahaan multinasional atau multinational corporation (MNC).
Visi PT Semen Indonesia
“Menjadi perusahaan
persemenan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara”
Misi PT Semen Indonesia
1. Memproduksi,
memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan
konsumen dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
2. Mewujudkan
manajemen berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan
semangat kebersamaan dan inovatif.
3. Meningkatkan
keunggulan bersaing di domestic dan internasional.
4. Memberdayakan
dan mensinergikan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tambah
secara berkesinambungan.
5. Memberikan
kontribusi dalam peningkatan para pemangku kepentingan (stakeholders).
Menurut kelompok kami, visi perusahaan
masih bisa diperjelas lagi. Dan karena Semen Indonesia baru ekspansi bisnis ke
Vietnam, mungkin visi di atas masih relevan. Meskipun kata-kata “Indonesia”
masih merupakan “Asia Tenggara” sehingga memungkinkan kerancuan penafsiran dari
eksekutif perusahaan.
Pada misi Semen Indonesia, poin yang
jelas hanya 3 dan 5. Selain itu, kalimat misi Semen Indonesia terlalu panjang
dan lebih dari satu ide per misi. Sedangkan menurut kelompok kami misi yang
bagus dan yang bisa menjawab What is our
business adalah :
1.
Memproduksi
dan memperdagangkan semen
2.
Mewujudkan
manajemen berstandar Internasional ISO 9001:2008
3.
Memberikan
kontribusi dalam peningkatan para pemangku kepentingan
0 comments:
Posting Komentar