Hello,ketemu lagi dengan
blog ini,, Hampir tiap hari posting = tugas kuliah padaat merayap!! Gak kalah
sama jumlah motor di belantara jalanan Jakarta ketika macet. *Lebaayy... Hahahaa..
Memang blog ini dikhususkan untuk posting tugas kuliah (selain acara jalan2
dll), dan blog satunya tentang curhat kehidupan dan lika liku kuliah. ^___^
Semoga aja sih bisa nambah wawasan para pembaca, yang nyasar ke web ini,
hehehe... :D
Yup, menejemen Strategik
memang buanyak bejibun tugasnya. Tapi yang saya suka, tugasnya “hanya” mereview
suatu hal, sesuai pandangan kita atau ditinjau dari manajemen strategi bisnis. Well,
lebih tepatnya mengandalkan “ngemeng” ngalor ngidulnya, hahaha.. *gue
bangedd!!! >.< Sekarang kami me-review PT Jababeka dengan segala strategi
bisnisnya, dilihat dari video di sini: http://www.youtube.com/watch?v=NFPceqRvmJI
Strategi bisnis PT.Jababeka adalah membangun sebuah bisnis yang menciptakan pertumbuhan besar bagi bisnis lain. Dengan strategi itu,
PT Jababeka memulai usaha sebagai pengembang kawasan industri. Segera setelah
itu, PT Jababeka mulai membangun kawasan pemukiman yang segera dipenuhi oleh
para pekerja industri di kawasan tersebut. Sejalan dengan tumbuhnya Kota
Jababeka dari segi ukuran dan populasi, tumbuh pula kebutuhan untuk fasilitas
pendukung dan hiburan.
Untuk
itu PT Jababeka membangun kawasan pendidikan, pusat bisnis, lapangan golf, klub
bisnis, dan fasilitas lainnya, yang menjadikan PT Jababeka sebagai
pengembang kawasan hunian yang tulen. PT Jababeka mewujudkan
mewujudkan moto Beyond Property melalui pengembangan pembangkit tenaga listrik,
ditambah lagi dengan proyek-proyek Medical City dan Indonesia Movieland. PT
Jababeka Tbk telah berkembang menjadi perusahaan terpadu yang menawarkan kota
pemukiman dan infrastruktur beserta fasilitas logistik melalui proyek dry port
yang kini telah berada dalam tahap awal.
Strategi
kunci lainnya adalah dengan memastikan kepuasan para investor, pembeli, dan
pelanggan dengan berkomitmen untuk memberikan produk-produk berkualitas tinggi
serta memberikan pelayanan yang terbaik. Seiring dengan produk dan pelayanan
terbaik inilah, para stakeholder dapat yakin bahwa PT Jababeka Tbk merupakan perusahaan
pengembang terbaik.Strategi lain yang tak kalah pentingnya adalah menjaga
kerjasama yang baik dengan para investor dalam ruang lingkup kawasan hunian.
Hal ini akan memupuk peluang bisnis di masa yang akan datang.Strategi lain yang
akan segera dikembangkan dan dijalankan meliputi analisa ukuran dan permintaan
pasar, mengembangkan produk-produk baru serta memulai penetrasi pasar yang
baru.
Karena
Jababeka memiliki pangsa pasar yg besar, mereka membangun Movie land, Art
Center, Information and Communication Center utk fasilitas pendukung bagi
kegiatan industri dan residence. Jababeka didukung president university untuk
mendirikan research center, sehingga dapat mempromosikan hasil research ke luar
negeri agar mereka dapat memanfaatkan produk Indonesia. Jababeka juga
mengekspansi ke pariwisata dan berencana merambah ke perkebunan dan perikanan
untuk menaikkan nilai tambah kekayaan Indonesia. Jababeka juga berencana
membangun 100 kota baru di seluruh Indonesia.
Kegiatan
bisnis PT Jababeka Tbk dapat dibagi menjadi 8 segmen, yaitu: (1) industri, (2)
perumahan, (3) komersial dan bisnis, (4) infrastruktur, (5) energi, (6)
pendidikan, (7) fasilitas pendukung dan hiburan, dan (8) dry port. Kedelapan
segmen tersebut saling berkaitan dan saling mendukung dalam memberikan
pelayanan yang berkualitas bagi investor, pembeli dan atau pelanggan.
Tinjauan strategi Bisnis PT. Jababeka Tbk terhadap teori Porter tentang strategi dalam artikelnya
“What is Strategy”
Berdasarkan
penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Jababeka menerapkan jenis
strategi diferensiasi. Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha menjadi
unik dalam industrinya pada berbagai dimensi yang secara umum dihargai oleh
pembeli. Diferensiasi dapat didasarkan pada produk itu sendiri. Sistem
penyerahan produk yang dipergunakan untuk menjualnya, pendekatan pemasaran, dan
faktor lain. Perusahaan yang dapat mencapai dan mempertahankan diferensiasi
akan menjadi perusahaan berkinerja tinggi dalam industrinya. Startegi
diferensiasi yang berhasil memungkinkan perusahaan menetapkan harga lebih
tinggi untuk produknya yang memperoleh loyalitas pelanggan karena konsumen bisa
begitu terikat dengan fitur-fitur diferensiasi.
Logika dari
strategi diferensiasi mengharuskan perusaan memilih atribut untuk membedakan
diri dengan pesaingnya. Fitur-fitur yang membedakan Jababeka dengan perusahaan
sejenis lainnya adalah Lippo
Cikarang. Jika ada dua perusahaan properti yang paling
kelihatan di Kawasan Timur Jakarta, tepatnya dalam hal ini Kabupaten dan Kota
Bekasi, maka dua perusahaan properti tersebut adalah Lippo Cikarang (LPCK), dan
Kawasan Industri Jababeka (KIJA). Jika LPCK lebih condong sebagai perusahaan
properti jenis residensial, komersial dan industri maka KIJA lebih banyak
menjual tanah kavling di dalam kawasan industri (industrial estate), untuk
didirikan pabrik dll, namun juga tetap membangun bermacam fasilitas pendukung
lain, seperti perumahan, pendidikan, energi, telekomunikasi, dan ke depannya
akan menambah fasilitas berupa art and
culture dan President University
untuk research center.
PT. Jababeka ini juga memanfaatkan sepenuhnya strategy fit, yaitu kesesuaian antara keunggulan
kompetitif dan keberlangsungan. Jababeka memiliki usaha sebagai pengembang
kawasan industri. Ketika industri mulai tumbuh di kawasan tersebut, dengan
potensi pasar para pekerja yang bekerja pada pabrik-pabrik tersebut, PT
Jababeka Tbk mulai membangun kawasan pemukiman yang segera dipenuhi oleh para
pekerja industri di kawasan tersebut. Harga properti melonjak sejalan naiknya permintaan
konsumen. Hal ini dimanfaatkan perusahaan ini dengan membangun kawasan
pendidikan, pusat bisnis, lapangan golf, klub bisnis yang tentu pasar utamanya
adalah para pekerja tersebut. Pada akhirnya, ketika para pekerja tersebut
memiliki tempat domisili di kawasan Jababeka, keberlangsungan sektor penunjang
tadi dapat terjamin keberlangsungannya.
0 comments:
Posting Komentar