Rabu, 30 Juni 2010

Squad Pelayanan Goes to Sundak Beach!?!

Seperti yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya, bahwa, squad pelayanan KPP Wonosari bakal maen, refreshing atau berwisata setelah selesai mengurusi dropbox SPT Tahunan. Akhirnya saat itu datang juga. Hehee.. hampir 20ribu SPT dilahap habis, saatnya adventuring. Tempat wisata yang hendak kita tuju, yaitu Pantai Sundak yang ada di wilayah Gunungkidul, DIY.



5 Juni 2010. Berangkat dari kantor sekitar jam sepuluh pagi. Kami berdua belas,, touring naik motor menuju bukit Gunungkidul. Hehee... Sempat juga aNa terpisah, karena mereka pada ngebut >.< susah terkejar. Akhirnya, setelah perjalanan berliku, naik turun, sampailah di Sundak. Kedua kalinya saya main ke pantai ini. Masih seindah dua tahun yang lalu. =)


Pantai dengan pasir putihnya dan air laut yang jernih. Anak-anak langsung menceburkan diri ke laut. Saya dan aNNas, berjalan menyusur pantai. Sesekali, berjalan masuk ke air yang cukup dangkal, menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil. Saya suka mengamati hewan-hewan kecil tersebut. Yang lari menjauh ketika saya dekati. Ada pula ikan Nemo disana n_n


Di kanan kiri pantai, tampak bukit batu karang dan batu kapur dengan tinggi sekitar 12 meter. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air. Nah, ini niy, yang jadi salah satu sejarah bisu asal muasal nama Pantai ‘Sundak’, yang merupakan singkatan dari Asu (anjing) dan Landak.


Gini niy, ceritanya.. Suatu hari, sekitar tahun 1976, di pantai ini [tepatnya di cerukan gua, yang kala itu air laut masih belum menjorok ke arah daratan seperti sekarang ini] terjadi pertarungan antara seekor anjing dan landak. Pertarungan terjadi karena seekor anjing yang kelaparan, cuma ketemu seekor landak. Si landak kemudian dikejar dan akhirnya menjadi mangsa anjing kelaparan tadi.


Nah, si empunya anjing, tak berapa lama bertemu dengan anjingnya, yang basah kuyup dari dalam gua. Analisisnya, di gua tersebut mungkin ada mata air, yang membuat anjing tersebut basah kuyup ketika ‘berkelahi’ dengan landak. Setelah diselidiki sama warganya juga, analisis tersebut ternyata benar. Sekarang, air dalam gua tersebut digunakan untuk pengairan warga. Disana bakal kita lihat, saluran-saluran pipa dari gua, yang terhubung ke perumahan-perumahan warga. Nah, karena anugerah tersebut, maka sejak saat itu nama Pantai Wedibedah diganti menjadi Pantai Sundak.

Baca juga:
Telaga Menjer: Wisata Danau Indah yang Tersembunyi
Gunung Gede-Pangrango-Memikat Para Wisatawan dan Pendaki
Jogja Jamming : Saatnya Seni Bicara!!
Squad Pelayanan Goes to Sundak Beach!?!
Rahasia SkenarioMu, Menjadi Anugerah Bagiku..

0 comments:

Posting Komentar

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...